Minggu, 21 Juli 2019

Dasar dasar Elektronika

gambar elektronika
Elektronika merupakan ilmu yang mempelajari alat listrik arus lemah yang dioperasikan dengan cara mengontrol aliran elektron atau partikel bermuatan listrik dalam suatu alat seperti komputer, peralatan elektronik, termokopel, semikonduktor, dan lain sebagainya.



Manfaat alat elektronik pada bidang pendidikan yaitu sebagai berikut:
  • Dapat menambah interaksi pembelajaran antara murid dengan guru
  • Menjangkau murid yang didik dalam cakupan yang luas
  • Mempermudah penyempurnaan atau mempermudah penyimpanan data dan dokumen materi pembelajaran
  • Menambah pengetahuan para murid dibidang elektronik.
    Manfaat elektronik dibidang pendidikan dapat juga dilihat dalam dua sudut pandang, yaitu antara lain:

    1. Manfaat bagi siswa 
    Dengan adanya fasilitas elektronika di sekolah akan berkemungkinan akan meningkatnya fleksibilitas belajar. Maksudnya para siswa dapat mengakses materi-materi pelajaran mereka. Bahkan bisa diakukan secara berkali-kali. Dan juga dapat berkonsultasi dan pendekatan terhadap guru mereka disetiap saat. Misalnya bisa berkomunikasi dengan guru melalui email, chatting, ataupun melalui alat jejaringan sosial. Hal ini akan menciptakan hubungan yang baik antara siswa dengan guru. Maka dengan hal ini siswa dapat berinteraksi dengan guru ataupun pembimbing mereka di mana saja atau kapan saja. Apabila ada pekerjaan rumah yang masih belum bisa dimengerti, siswa dapat bertanya terhadap guru mereka melalui alat elektronik.

    2. Manfaat bagi pengajar atau guru
    Dengan adanya ilmu yang mereka berikan kepada siswa melalui media elektronik, guru bisa melakukan pembaruan materi yang akan mereka berikan selanjutnya, yang sesuai dengan tuntutan pembelajaran supaya lebih baik dan berkembang. Maka dengan hal ini juga dapat mengontrol kegiatan belajar mengajar secara efektif dan efisien.

    Media elektronik juga ternyata telah menunjukkan kesuksesan yang signifikan, yaitu antara lain:
    - Mampu melakukan peningkatan pemerataan pendidikan.
    - Mengurangi angka putus sekolah ataupun perguruan tinggi.
    - Meningkatkan prestasi belajar.
    - Memberi pengetahuan yang lebih maksimal.
    - Memberikan peningkatan rasa percaya diri.
    - Memberi peluang yang lebih besar untuk tenaga pendidik.

    Adapun dalam penggunaan alat elektronika dalam proses belajar mengajar juga memiliki keuntungannya, yaitu antara lain:

    • Mengurangi biaya perjalanan
    • Dapat memberi semangat yang tinggi untuk siswa dalam belajar
    • Menghemat biaya pendidikan secara keseluruhan (misalnya penghematan dalam menggunakan buku-buku)
    • Melatih siswa supaya bisa lebih mandiri dalam belajar
    • Dapat menjangkau wilayah geografis yang lebih luas
    Alat elektronik selama dalam proses belajar mengajar juga akan dapat memberikan hal yang sangat baik, yaitu akan mempermudah interaksi antara siswa dengan siswa lainnya, atau bahkan akan mempermudah interaksi antara siswa dengan guru atau pembimbing mereka. Para siswa akan membentuk organisasi belajar dalam lingkungan mereka, dan hal inipun akan mereka bisa saling berbagi informasi atau pendapat mereka dalam mengikuti proses belajar tersebut. Dan guru dapat memberikan panduan dan menempatkan bahan-bahan materi dan tugas-tugas yang harus mereka kerjakan dalam waktu belajar ataupun tugas yang harus diselesaikan dalam waktu berhari-hari ataupun berminggu-minggu. Maka para siswa ini akan mudah mencari tugas mereka dengan menggunakan alat atau media elektronik untuk mencari bahan materi yang harus mereka bahas diwaktu yang sudah ditentukan oleh guru mereka tersebut. Itu berarti mereka akan lebih rajin dan tekun dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru mereka.

    Apabila dirancang secara cermat, pembelajaran terhadap siswa yang menggunakan alat elektronik dapat meningkatkan kualitas belajar yang lebih maksimal, dan memberikan kadar interaksi pembelajaran. Berbeda halnya dengan pembelajaran yang bersifat konvensional, tidak semua siswa dalam kegiatan pembelajaran konvensional dapat berani mengajukan pertanyaan ataupun mempunyai kesempatan untuk mengajukan pendapat mereka dalam sebuah diskusi. Karena pembelajaran yang bersifat konvensional ini memiliki waktu yang sangat terbatas yang diberikan oleh guru mereka. Baik itu dalam berdiskusi, atau dalam hal tanya jawab, mereka hanya memiliki waktu yang tidak banyak.
    Itulah suatu kelebihan yang sangat dirasakan apabila para siswa menggunakan alat elektronik, selain waktu yang relatif memungkinkan, juga dapat memberikan kesempatan yang lebih banyak bagi para siswa untuk bisa belajar dengan lebih aktif. Mereka tidak akan terasa canggung ataupun malu-malu untuk mengutarakan pendapat mereka karena telah menggunakan alat elektronik tersebut.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar